Terdepan Dalam Berita Dan Informasi

VIRUS PENYAKIT YANG MEMBUAT DUNIA INTERNASIONAL GEMPAR

Seluruh dunia pernah digemparkan oleh beberapa penyakit mematikan yang disebabkan oleh menularnya virus berbahaya. Tak terkecuali di Indonesia, sebut saja virus ebola dan flu burung yang menakutkan itu. Masih banyak penyakit-penyakit mematikan lain disebabkan virus yang pernah merenggut nyawa jutaan orang di muka bumi ini. Berikut akan kami sajikan daftar virus penyebab penyakit mematikan yang pernah membuat dunia gempar dengan kehadirannya.

1. Virus MERS

Virus MERS merupakan singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome, dinamakan demikian sebab virus ini menyerang wilayah Timur Tengah yang didominasi gurun dan padang pasir. Virus ini pertama kali mewabah di Arab Saudi, kemudian merambah ke Mesir, Libanon, Yordania, Uni Emirat Arab, kemudian juga mewabah Amerika Serikat. Virus MERS telah menewaskan lebih dari 200 orang di seluruh dunia. Setelah para ahli kesehatan dunia meneliti virus MERS ini, ternyata virus MERS adalah akibat dari kontak manusia dengan unta.


2. Virus H5N1

Virus ini adalah penyebab penyakit flu burung yang pernah membuat dunia medis gempar. Virus H5N1 menyebar di Asia Tenggara, Indonesia juga termasuk negara yang terkena wabah virus ini. Puluhan orang di Indonesia pernah terjangkit flu burung. Virus ini ditandai dengan banyaknya binatang unggas yang mati secara tiba-tiba, kemudian menular kepada manusia. Virus H5N1 menular melalui kontak makanan dan minuman, serta melalui kontak fisik. Virus sangat berbahaya karena dapat hidup di suhu udara yang dingin, virus mati jika hidup di udara panas. Orang yang terjangkit virus ini akan mengalami sulit bernapas, sakit perut dan demam yang tinggi. Namun akhirnya dengan kerja keras para ahli medis virus ini dapat dimusnahkan.


3. Virus EBOLA

Virus yang sangat mematikan dan dinamakan EBOLA pernah menyerang wilayah benua Afrika. Virus yang ditularkan oleh monyet ini menewaskan 1300 orang di wilayah Afrika, antara lain di negara Liberia, Sierra Leone, Nigeria, Pantai Gading dan Guinea.


4. Virus HIV

Virus yang sangat terkenal hingga kini dan belum ditemukan obat yang manjur untuk mengobatinya. Virus ini menyebabkan penyakit yang disebut dengan AIDS. Virus HIV menyerang kekebalan tubuh manusia dan melemahkan sistem imun. Jika seseorang terkena virus HIV maka daya tahan tubuhnya akan sangat lemah dan menjadi mudah terserang berbagai penyakit, hingga akhirnya penderita terkena penyakit AIDS yang sangat mengancam nyawanya.
Virus ini dapat menular melalui sistem reproduksi, darah, cairan kelamin, dan juga Air Susu Ibu. Penyebab utama virus ini adalah seks bebas dan penggunaaan narkotika. 


5. Virus ZIKA

virus yang baru-baru ini membuat gempar dunia adalah Virus ZIKA. Virus ini menyerang wilayah Benua Amerika dan hanya menjangkiti ibu hamil. Virus ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan cacat fisik terutama di kepala pada bayi yang dilahirkan oleh ibu yang terjangkit virus ZIKA. Virus ini menyebar terutama di wilayah Brazil.
Virus Zika telah menjangkiti satu juta ibu hamil di Benua Amerika. Penyebaran virus ini melalui nyamuk aides aygepti.

Demikian virus-virus penyakit berbahaya yang pernah menggemparkan dunia internasional, semoga tidak akan ada lagi virus mematikan lain yang muncul.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *